Fiksi Absurd : Perjuangan hidup Sumanto


Perjuangan Hidup Sumanto

update kali ini, gue pengen membuat sesuatu yang beda nih, gue akan mencoba buat cerpen, ini baru pertama kalinya gue bikin cerpen di blog, di sekolah sih pernah cuman jarang. nah, gue akan mencobanya di sini, semoga gak bikin kalian mules ya baca cerpen gue, cerpennya gak terlalu panjang sih, sesuai porsi para pembaca. oke gak usah lama-lama langsung aja.

***

Suatu malam yang gelap gulita, terlihat seorang pemuda yang sedang asyik menikmati suasana malam yang indah saat itu, dengan segelas kopi di tangan kiri, dan segenggam pisau di tangan kanan dia sangat menikmati malam itu, sepi, sunyi, suasana malam itu.  

Tidak seperti anak muda pada umumnya, saat malam minggu, dia hanya merenungi malamnya, entah kenapa, dia sangat menikmati kesendiriannya. 

Seorang pemuda berparas ganteng tapi jelek dan bermuka tua ini, akrab di panggil Sumanto. terdengar dari namanya saja, sudah bisa ditebak pemuda ini keturunan asli Papua. ayahnya adalah orang Timur, tepatnya jawa timur, dan ibunya orang Barat, tepatnya jawa barat. Sumanto lahir di Papua, dan besar di Palembang. itulah, mengapa orang tuanya, memberi nama Sumanto. nama dan asal usulnya benar-benar tidak sinkron, sungguh aneh kehidupan Sumanto ini.

Sumanto adalah anak tunggal dari sepuluh bersaudara, selidik punya selidik, keluarga Sumanto ini punya nama unik yang terkenal di kecamatannya, yaitu GEN KANIBAL. mereka juga sempat membangun tim sepak bola, yang konon katanya kesebelasan ini, udah mencapai tingkat internasional, sungguh luar biasa. 

Sebagai anak tunggal yang paling muda diantara adek-adeknya, Sumanto harus memikul beban sebagai kepala keluarga semenjak ayahnya yang bernama SON GO KONG meninggal saat beliau sedang mencari kitab suci ke barat. Son go kong tewas terserempet motor ibu-ibu touring yang belok ke kanan tapi sen kiri, cukup tragis nasib ayah Sumanto ini.

Sejak kejadian itu, Sumanto resmi menjadi kepala keluarga, bekerja keras membanting keringat dan memeras tulang untuk mencukupi kebutuhan nafkah keluarga kanibalnya. bahkan demi menghidupi adek-adeknya, Sumanto rela pergi pagi pulang pagi dan dia juga rela meninggalkan kuliahnya di "AKADEMI PERBIDANAN".

Sumanto bingung, resah gelisah, dia gak tahu harus memulai usahanya dari mana, dia gak mau melihat adek-adeknya menangis kelaparan. akhirnya dia mencari solusi dan datang ke rumah temannya tepatnya di tengah jalan tol cikampek, temanya ini bernama Mad dog. 

Mad dog ini, adalah sosok yang peduli sekali dengan Sumanto, dia selalu memberi saran yang anti menstream banget, dan menurut Sumanto itu ide brilian, alhasil Mad dog ini merupakan jalan solusi terbaik selain mamah dedeh menurut Sumanto.

"tok...tokk..took assalamualaikum, dog.. dog" suara Sumanto dengan penuh semangat.

*buka pintu* "oalah, Sumanto!! kemane aje ente, ane udah lame kaga ngeliat ente" ternyata Mad dog ini orang betawi.

"ahaha, bisa aja lu, padahal kan kita tetanggaan, masa lu kaga ngeliat gua sih" dengan nada yang meyakinkan.

"oiye, ngape jadi amnesia gini ane, ahaha, ngomong-ngomong ada perlu ape nih, dateng di mari?" jawab Mad dog

"gini nih dog, gua kan baru ditinggal bokap, otomatis gua jadi kepala keluarga, nah, gue bingung nih mau usaha apaan, adek gua kan banyak, tar pada tewas lagi, kan bahaya" curhat Sumanto.

"wah, inalillahi to, kasian amat ente, ane kira bapak ente sehat-sehat aje, yang sabar to, nih gue kasih saran, di kampung ini kan udah banyak tukang bangunan, pegimane, ente jualan baso aje, tapi kalo baso doang gak seru, ane saranin, ente jualan BASO TIKUS" dengan nada meyakinkan.

"boleh juga tuh dog, gua coba ya, makasih dog sarannya" sambil senyum sumringah.

Tanpa menghiraukan dosa yang akan didapat, dan masalah yang akan datang, demi untuk adek-adeknya, Sumanto rela berbuat apapun, dan mendengar saran dari Mad dog, tiba-tiba semangat Sumanto menggebu-gebu, Sumanto yakin, usaha baso tikusnya bakal sukses, dan kalo sukses, dia bakalan buka cabang di seluruh wilayah NKRI, termasuk jepang.

Singkat cerita, Sumanto ternyata gagal dalam usaha itu, gerobak basonya di bakar warga di seluruh wilayah NKRI termasuk jepang  yang menolak keras, penjualan baso tikus, dan karna baso tikus ini juga, menyebabkan 25 orang meninggal dunia dan 5 lainya luka-luka di lambung.

Alhasil, Sumanto semakin merasa dirinya itu gak berguna, sempat terbesit di pikiran Sumanto untuk mengakhiri hidupnya dengan menelan odol, tapi dia sadar kalo bunuh diri itu, tidak akan menghapus dosa-dosanya di dunia. 

Semenjak kejadian itu, Sumanto berusaha move on, dia gak patah semangat, walopun udah di cap warga sebagai tukang baso tikus. Sumanto memulai usaha baru, tanpa berpikir panjang, Sumanto punya ide yaitu berjualan Cireng gejrot dan tahu isi Sumedang, dan tanpa diduga-duga, usaha ini melejit sukses dan berhasil, banyak yang memuji makanan yang dengan khilaf dibuat Sumanto ini.

karna usaha barunya ini, dia bahkan bisa membuka cabang di sekitar wilayah RTnya, usahanya ini laku keras, dan menjadikan Sumanto ini sebagai Milliarder muda asal Indonesia. demi mempromosikan makanannya, Sumanto rela menyewa aktris luar negeri asal cikampek sebagai brand ambassador produknya yaitu Maryam Ozawa.

dengan uang hasil usaha dan pesugihan yang dia dapat, Sumanto mampu membeli apartemen di pinggir kali yang mempunyai 5 lantai lantai saja, yap 5 lantai. kontarakan sepetak saja, gak cukup 5 lantai doang. ini hebatnya Sumanto.

tapi dibalik kemewahan yang dia dapat, Sumanto merasakan kehampaan hatinya, hatinya kosong tanpa seseorang pendamping. akhirnya dia, menyebarkan berita ke jombloan nya ke teman-teman terdekatnya, dan memasang iklan di koran, bahwa dia membutuhkan sesosok pendamping. setiap wanita yang mau melamar, harus melengkapi dokumen sebagai syarat, seperti foto copy BPKB, STNK, SIM, serta surat keterangan tidak mampu yang sudah di tanda tangani oleh Rt setempat.

pada suatu malam, ketika Sumanto hendak pulang ke rumahnya, tanpa sengaja dia melewati pohon bambu, dan melihat sesosok wanita, memakai daster putih polos, dia berkulit putih bahkan terlihat pucat, dan berambut cukup panjang. wanita tersebut berada tepat di bawah pohon bambu, sambil menunduk.

Melihat hal itu, Sumanto langsung mendekati wanita itu dan menyapanya dengan lembut.

"Maaf mba?, gak baik loh, wanita berada diluar rumah malem-malem gini, dibawah pohon bambu ini lagi" kata Sumanto dengan muka melas.

ketika mendengar suara Sumanto, Wanita ini langsung menoleh kebelakang dan tanpa sengaja rambut panjangnya itu tergibas, seperti iklan shampo yang sering Sumanto liat. dengan raut wajah yang penasaran, wanita ini menjawab.

"Mas bisa lihat saya? Mas ini siapa?" tanya wanita tersebut.

"Nama saya Sumanto, saya tinggal di apartemen 5 lantai di pinggir kali, saya barusan ngeliat mba di sini, saya khawatir, malem-malem gini, kok masih ada yang keliaran di sini sih, wanita lagi" kata Sumanto dengan nada khawatir, dan melanjutkan pertanyaannya.

"Kalo boleh tahu, mba namanya siapa ya? terus mba tinggal di mana?" tanya Sumanto penasaran.

"Nama saya Sumanti mas, saya tinggal di Tanah kusir, ngomong-ngomong mas baik banget sih, saya jadi malu" jawab Sumanti tersipu malu.

"ah, mba bisa aja, kan sebagai manusia harus saling tolong menolong mba, yaudah deh, dari pada mba sendirian, mending mba saya antar pulang aja gimana, dari pada nanti dibegal!" kata Sumanto dengan nada yang meyakinkan.

"gak usah mas, jadi ngerepotin mas, gak enak hati saya" jawab Sumanti.

"enggak kok, gak, tujuan saya kan cuma ingin membantu, jadi gak merasa direpotin, lagian Tanah kusir itu, searah sama rumah saya, jadi gimana?" kata Sumanto dengan senyuman modus.

"ehmm.. iyadeh saya mau, makasih ya mas" jawab Sumanti.

akhirnya dengan beberapa bujukan yang dilancarkan Sumanto, wanita yang bernama Sumanti ini, mau diantarkan pulang menggunakan bajay antik kesayangan milik Sumanto. selama diperjalanan, hubungan Sumanto dengan Sumanti ini semakin erat, mereka saling curhat, saling melempar joks, saling ngatain, pokoknya mereka menjadi akrab.

sejak saat itu, Sumanto merasakan jatuh cinta lagi sejak dia di putusin oleh pacarnya yang tidak lain dan tidak bukan yaitu tukang nasi kuning langganannya sendiri. dia merasa, kali ini, hati dia berwarna lagi, dia merasakan, Sumanti ini cinta sejatinya yang selama ini dia cari. karna perasaannya itu, dia tidak banyak basa-basi, dan langsung mengutarakan perasaannya kepada Sumanti.

"Sumanti, walopun saya baru kenal kamu, saya merasa, kamu itu jodoh saya, saya nyaman banget ada disamping kamu, kamu membuat saya jatuh cinta lagi, kamu mau gak menerima cinta saya?" kata Sumanto dengan lembut.

mendengar perkataan Sumanto, jantung Sumanti berdetak cepat, bingung harus berkata apa, Sumanti juga tidak menyangka, tenyata Sumanto memiliki perasaan yang sama, dan Sumanti juga tidak menyangka bahwa dia mengutarakan secepat itu. namun Sumanti harus berkata jujur kepada Sumanto tentang dirinya yang sebenarnya. sambil mengambil nafas panjang, Sumanti menjawab.

"Mas Sumanto, Sumanti mau berkata sejujur-jujurnya, Sumanti mau menerima cinta mas Sumanto, tapi dengan syarat, Mas Sumanto bersedia menerima Sumanti apa adanya" dengan nada khawatir.

mendengar jawaban Sumanti, Sumanto menganggukan kepalanya dan berkata.

"ya, saya siap menerima kamu apa adanya" dengan nada meyakinkan.

dengan sedikit kaget Sumanti mendengarnya dan kembali berkata.

"Sumanti sebenernya itu putri dedemit penunggu pohon bambu itu, Sumanti meninggal tepat didekat pohon bambu yang mas temukan itu, dan Sumanti dikubur di Tanah kusir"

mendengar penjelasan Sumanti, Sumanto kaget sejadi-jadinya. awalnya dia menyangka Sumanti ini sodaranya taylor swift. Namun, sebagai lelaki gentle, Sumanto tetap menepati janjinya, akan menerima Sumanti apa adanya, karna itulah namanya cinta.

"Sumanti, mas bersedia dan ikhlas menerima kamu apa adanya"

Sumanti langsung senyum sumringah kesenengan, dan bingung mengungkapkannya gimana, dia tidak menyangka, bahwa Sumanto menerima dirinya sebagai putri dedemit penunggu pohon bambu. pada akhirnya mereka berpelukan mesra.

Setelah kejadian itu, Sumanto langsung melamar Sumanti, dan mereka resmi menjadi pasangan suami istri.

"cinta yang sebenarnya ialah cinta yang saling melengkapi dan merima apa adanya, bukan ada apanya"- yogi satria
 ***

Oke, mungkin itu cerpen rada-rada yang gue bagikan kali ini, btw, endingnya agak absurd huahaha... namanya juga masih belajar, terkadang manusia tanpa sengaja melakukan khilaf ,jadi, jangan lupa kritik dan saranya.  

Salam pelajar.  

46 komentar

Trus ada lanjutannya g nih bang?
Nanti anaknya mau dari sejenis manusia apa sejenis yg lain?
Nanti kalo udah punya anak siapa namanya bang? Sumanta? Sumante? Sumantu?

Reply

dosa ga sih gue baca ini dari awal ampe abis? hiks

btw, hasil pernikahan mereka jadi apa yaah. hmm ku penasaran

Reply

hahahaha.....ngakak bacanya. sejak kapan sumanto kawanan ama maddog, greget amat. oiya emangnya sumanto punya pacar sumanti, dia kan kanibal. kalo nggk salah namanya ada dilagu punk STREET indonesia.

Reply

ah, cerpen yang absurd kayak gini nih yang aku suka. meski banyak hal yang absurd, tapi justru itu yang malah bikin lucu hehe.

Jatuh bangun banget ya nasibnya Sumanto. tapi syukurlah dia sudah menemukan tambatan hatinya. semoga Sumanto dan Sumani bisa menjadi keluarga yang samawa dan punya banyak keturunan hahaha.

Reply

Apaan Sumantinya itu hantu.. wkwk... Iya absurd tapi oke kok dari segi pembagian Dialog dan Narasi.
Cuma mungkin biar lebih nyaman, benerin EYd aja. Misal huruf kapital di awal Dialog, titik, koma, dll.
But, cerpen ini berhasil diselesaikan... :) good job.

Reply

Nice cerpen Yog... Jokesnya dapet semua. Ya, meskipun absurd parah, sih. Apaan sumanto bisa punya temen mad dog gitu. Terus, manggilnya dog pulak.. Hadeh..

Bener kata Vindy, EYD aja sih, yang perlu diperbaiki. Karena, untuk cerita udah oke aja, sih, gue. Gue mah, gak bisa buat cerpen kek gini. :'(

Terus belajar dan salut udah sukses menyelesaikan cerpen ini. Ya, walaupun endingnya gitu bgt, sih.

Reply

Wkwkwk demiapaaaa pertama mikir kirain mau bikin parody cerita keluarga sumanto yang hits pada jamannya itu. Eh taunya lama2 makin absurd mana nikah sama penunggu pohon bambu, tapi lucu kok. Cuma kalo emang niat bikin cerpen, yang dipubkikasikan ke media massa (selain blog), alurnya bener2 kudu diperhatiin ya, sama nama tokoh kali aja ada yang tersinggung hehe

Reply

njiirr cerpennya absurd dan gue suka. jadi kapan bikin yang lanjutannya yog? gue jadi penasaran dengan kisah sumanto yang selanjutnya setelah melamar sumanti :D

Reply

WTF sekali cerpenya..
sampe sekarang masih bingung bagaimana membayangkan wajah sumanto yang berparas ganteng tapi jelek dan bermuka tua.

Gue mah ga abis pikir da itu si Sumanto mikirnya gimana coba ampe bisa kayak gitu. tapi okelah gue terima ceritana ini apa adanya, bukan ada apanya.

Im done, im done

Reply

ini gue puyeng asli bacanya.
entah itu dari si sumanto bapaknya bernama sun go kong, ketabrak ibu'' lah. terus punya gen kanibal tapi ambil jurusan kebidanan. tetanggan sama mad dog.
ini harus pelan'' bacanya, kepala gue sakit kalo baca langsung gitu.

itu lagian sumanti pake bediri di bawah pohon. dia lagi kencing apa lagi bikin bambu runcing. terus ujung''nya mereka hidup bahagia. terserah sumanto aja udah.
nyerah saya

Reply

Waktu sumanti bilang kalau dia tinggal di tanah kusir, aku udah curiga sih kalau bakalan ada hantu hantuan di cerpen ini.

Paragraf awalnya rada bikin nggak ngalir sih, soalnya aku nemu pengulangan kata "itu" yang lumayan bikin cerpen ini kurang soft.

Tqpi idenya ... keren.

Reply

Hei yogi, aku agak keberatan dengan kalimat 'sumanto dilihat dari namanya dia orang papua'.

Nama sumanto itu lebih ke jawa. Nama orang Papua itu kebanyakan mengacu ke nama barat. Jadi hati-hati ya. Meskipun tujuan joke, tapi kalau orang Papua baca bisa saja tersinggung. Maaf ya..

Aku suka deh sama quote kamu. Romantis dan manis meakipun nggak realistis. Tapi kadang begitulah cinta, mengabaikan banyak demi bisa bersama. Hehe



Reply

Entah sih, kelanjutannya gimana.. hahah..

Anaknya diperkirakan seorang siluman kera.

Namanya juminten.

Reply

Gak dosa kok hahaha...

Ditunggu saja hahaha...

Reply

Mereka sodara kandung.

Iya bener pas di lagu itu juga ada.

Reply

Absurd banget ya hahaha....

Iyanih, keturunannya belom di ceritain, tapi biarlah, biar semua bertanya-tanya hahaha..

Reply

Iya hantu itu hahaha...

Wah, makasih nih sarannya :)

Reply

Sip, nice :) lha tapi dari pada mad huahaha...

Iya nih, harus blajar eyd lagi ya.

Siap.

Reply

Yakali mo ceritain itu, sadis amat idup ku hahah.. itu nikahnya juga gak sengaja udah nepatin janji, wha iya nih alurnya berantakan ya, namanya juga baru blajar hahah..

Oh mungkin harus bikin nb, kalo ada kesamaan nama tokoh, mohon dimaaf kan, biar gak salah paham :(

Reply

Di tunggu aje rob, harus bener2 berdiam diwc baru gue dapet ide cerpen lagi hahaha...

Reply

Jangan dibayangkan, niscaya anda akan tersesat :D

Reply

Wah wah, jangan sampe gara2 cerpen gue ada korban didunia perbloggan ini, bahaya!!

Tadinya gue pengen nulis ada yang buang air kecil di bawah pohon bambu, tapi keknya jangan sih.

Reply

Iya emang dia hantu :)

Harus banyak belajar :)

Reply

Papua maafkan saya :)

Itu realistis banget lho hahah..
Itulah cinta :)

Reply

Pas kenalan Sumanto dengan si Sumati , keren banget ya . Ada Sumanto , ada jugas Sumanti HA HA HA HA . Jalan ceritanya juga cukup bagus lah menurut gue , by the way ada sambungannya ? misalkan kayak part " gitu ? .

By the way , maksud nya si Sumati penjaga pohon bambu gitu ? dia setan ? atau bukan sih ? rada bingung juga gue .

Tapi itulah cinta . HA HA HA .

Reply

Pertama saya kira ceritanya ngak bakalan kayak gini..
Beneran absurd banget.. Hahaha
Sumanto punya bapak namanya sun go kong, bisa nnyampe ke sumanti pula.. Hahaha
Masih ada lanjutannya kan?

Reply

Waduf ceritanya absurd gitu sebenarnya tapi menghibur haha..
kreatif banget, mungkin sumantonya harus duel dulu sama mukidi tuh biar perpaduan maut tambah seru dalam memperebutkan sumanti.. wkwk

Reply

Dibikin part cihuy nih kayaknya, kan belum jelas tuh akhirnya sumanto sama suketi, ehh sumanti ngapain ?

mereka ena ena nggak di dekat pohon bambu.

Reply

Patahan punchnya absurd bgt kampret. Jepang termasuk nkri itu apa woooy?! :))

Eh bener tuh, endingnya agak gantung kayaknya ._.

Reply

Bangeeeet! Wkwk
Mungkin bisa dibikin part 2nya gitu, buat nyeritain keturunannya nanti haha.

Reply


Sumanto adalah anak tunggal dari sepuluh bersaudara. anak tunggal yang paling muda diantara adek-adeknya -_-"
Asli ini absurd abid yogi :d
Ini hidup sumanto penuh lika liku dan tikungan tajam. Ngenes banget. Endingnya hidup bahagia selamanya bersama kekasih. Tapi kekasihnya sumanti, seorang demit. Duh sumanto dimana kegaharanmu sebagai keluarga kanibal jika endingnya nikah sama putri dedemit. -_-"

Reply

Pfftt banget lah hahaha..

Hmm.. bisa sih, tunggu aja lah ya hahaha...

Reply

sumanto sama sumaanti langsung jatuh hati dalam hitungan jam gitu ya wkekekee

gue engga tau ini absurd banet dah,, mulai dari jualan bakso tidur, bunuh diri pake odol,,,tpai bisa aja lu bikin orang ketawa haha

Reply

Ya mudah2an berlanjut ya hahaha...

Iya dia setan alias demit :)

Reply

Alur ceritanya yang ngacak hahah..

Entah sih.. :(

Reply

Anjay mukidi sapa lagi tuh hahah...

Reply

Cihuy banget :)

Wah ena-enanya susah jelasinnya sih hahah...

Reply

Huah, gernya brantakan hahaha...

Iya, sengaja sih :)

Reply

cara bikin cerpen kayak gini gimana??? ajarin dung. Harus bikin outline nya dulu kah atau gimana??

Ngambil amanat dari cerpen diatas kayaknya emang bener kalau cinta itu buta hehe

Reply

Itulah sumanto hahaha...

Reply

Wah, gimana ya jelasinnya, gue juga masih belajar sih, masalahnya ini alurnya ngacak feb. Ya tapi rata2 gitu, bikin outline dulu.

Reply

Yelah dam, belajar terus lah :)

Reply

Absurd banget ceritanya, si Sumanto juga kampret.tadinya ini versi Sumanto yang gak makan daging manusia tapi makan sampah plastik terus keselek dan mati.terus tamat.hahah

Reply

Namanya juga fiksi absurd :)

Ini apa lagi sumanto makan sampah plastik! Woy!

Reply

Posting Komentar

Terima kasih karna sudah meluangkan waktu untuk baca postingan gue, setelah baca, jangan lupa berkomentar, karna komentar kalian, gue jadi selalu semangat bikin postingan terus menerus.