Fenomena kaleng sejuta umat

Fenomena Kaleng Sejuta Umat

yuhuu.. update-an pertama di bulan november, setelah minggu kemarin harusnya gue update, tapi karna sesuatu yang gak penting, jadi absen dulu. Padahal gak penting.

Huh, weekend itu emang hari yang paling nikmat buat leyeh-leyeh ria di kasur, menikmati hembusan kipas angin, di temani secangkir susu dan pisang goreng, nikmaaat.

Oke gak usah basa-basi, langsung aja yah.

Sebelumnya udah ada yang pernah sikap lilin sambil setengah kayang?? kalo gue sih belum, gue khawatir usus gue keluar dari mulut. Tar pencernaan gue gimana tanpa usus. Lah Sumanto mah mending, ada organ tubuhnya yang keluar-keluaran, langsung di makan, lah gue?

keknya ini terlalu ekstrem kalo gue bahas lebih mendalam. Tar dikira psikopat lagi, kan bahaya. Oke! ganti bahasan.

***

Akhir-akhir ini, saat Pkl, gue lagi doyan-doyanya makan ketoprak. Hampir setiap hari gue makan itu, jadi ketagihan gitu. Entah kenapa kalo makan itu, gue berasa makan nasi, padahal itu lontong, bukan nasi.  

Udah berapa banyak abang ketoprak yang gue temui, sampe-sampe udah ada beberapa yang gue jadikan sebagai langganan. Salah satunya tukang ketoprak yang berada gak jauh dari rumah gue.

Setiap gue mampir buat beli ketoprak, pasti gue selalu ngeliat kaleng Khong guan. Nah, ini menjadi awal keresahan gue. Sempet bingung dan gak habis pikir, KENAPA HARUS KALENG KHONG GUAN!!!.



Padahal kaleng mah banyak, gak cuma khong guan. Dan awalnya gue berfikir, apa khong guan ini sponsor?, atau semacam ada hubungan kerja antara kang ketoprak dengan perusahaan khong guan?.

Dan kayaknya, gak cuma tukang ketoprak yang pake kaleng itu. Kaleng khong guan ini, juga udah menyebar luas dan melebarkan sayapnya ke tukang bubur ayam, tukang nasi goreng, tukang sate, tukang jamu dll. Eh, yang terakhir enggak.

Khong guan anywhere

Kalo malem hari, biasanya gue mampir ke tukang ketoprak deket rumah gue. Di sana, gue menemukan lebih banyak kaleng khong guan yang berisi full kerupuk. Dan yang gue bingung, KEMANA ISINYA YANG ASLI!!!.

Jangan-jangan , para oknum pedagang hanya mengincar kalengnya, terus isinya?? apakah dimakan?, dibuang?, di sumbangkan?, dikasih kucing?, dijadikan teman hidup?, ato dijual lagi?, masih menjadi sebuah misteri.

Menurut gue, ini udah jadi kasus kejahatan yang harus di anggap serius, dan secara tidak langsung ini udah melanggar norma agama.

Sungguh perbuatan licik.

Bukan hanya para pedagang itu yang udah terhasut jeratan fenomena kaleng khong guan ini. Saat lebaran pun, gak jarang kaleng khong guan ini udah masuk ke rumah-rumah warga yang sedang mempersiapkan sajian makanan untuk tamu spesial.

Berbeda dengan para pedagang yang memasukan kerupuk ke dalam kaleng khong guan, kalo para warga biasanya memasukan rengginang, YA. RENGGINANG!! atau makanan kering lainya. Termasuk seblak.



Pedih rasanya, pedih. Menurut gue, ini adalah salah satu jenih php yang paling pedih, pedihnya menusuk ke hati. Dan ini pernah gue alami sebelumnya.

Saat itu sedang ada perayaan lebaran, biasanya kalo momen lebaran itu gue pake buat bersilaturahmi ke tetangga sebelah, ke rumah sepupu, ke rumah sodara, pokoknya silaturahmilah.

Nah, di saat gue dirumah tetangga sebelahlah gue mengalami kejadian itu. Waktu itu gue memberanikan diri bersilaturahmi sendiri ke tetangga sebelah, gue pun disambut baik oleh mereka, kami mengobrol bersama, bercanda, dan berdiskusi.

Saat itu, gue cuma duduk kalem di sana, eh, tiba-tiba gue disuguhkan makanan yang berada di dalam kaleng khong guan. Sambil membawa kaleng dia bilang.

"Gi, ngemil dulu nih, jangan malu-malu"

gue sempet kaget, kok gue gak ngerokok ditawarin mil. Iya, mil.

Gue kira mil ini

Karna gue pikir itu, dengan sigap gue menjawab

"hmm.. enggak mas, saya gak ngerokok" 

"lah bukan nge-mild mas, maksud saya, ngemil ini" jawab masnya dengan menunjukan kaleng yang dia bawa.

Gue kira apaan, gue jadi gak enak gitu. Akhirnya gue langsung ambil aja kalengnya. Nah, karna itu kaleng khong guan, gak perlu basa-basi lagi, pasti isinya biskuit. Dan ya. Dugaan gue salah besar, Ternyata dalemnya rengginang sama keripik.

 
Semenjak kejadian itulah, gue selalu curiga kalo ada orang yang nawarin makanan yang ada di dalem kaleng khong guan, gue gak akan percaya begitu aja, kalo itu dalemnya biskuit. Siapa tau aja seblak.

Sebenernya kejadian ini udah banyak terjadi, gue hanya mewakilkan keluh kesah kalian aja hehehe.. sungguh penting kan postingan ini.

Hati itu ibarat kaleng khong guan, karena kita gak akan tau apa isinya.

Salam pelajar....


Sumber gambar : - http://bp.blogspot.com
                         
                          

44 komentar

kkkwkwkwk......silaturahmi ke rumah tetangga terus disungguhkan kaleng khong guan. lo sudah berekspentasi isinya ada sebongkah gue sejuta rasa, eh ternyata isinya kerupuk. disitulah saya terkadang merasa sedih :v

dengan kata lain, lo udah di PHP-in sama kaleng khong guan

Reply

Akhir-akhir ini, saat Pkl
Itu abang jadi pedagang kaki lima? Jualan dimana bang?
.
Wah saya juga harus berhati2 nih kalo dikasih kaleng kong guan
Bisa bisa ketipu sama dalemannya
Ngomongin daleman
Suka daleman warna apa bang?

Reply

Hhaha Jadi Inget Lebaran Wkwkw..
Biasanya Aku Klo Silaturahmi Pasti Ada Kaleng Khong guan Hahaa Tapi Isinya Rengginang.
Wajarlah Aku Dikampungku Pada Suka Rengginang

Bener Kata Ka "Muhammad Attar" Kita Tuh Udah Di PHPin Sama Kaleng Khong guan *Sakit Rasanya*

Reply

*Bacanya gk habis senyum² sendiri*

Kayaknya semua orang pernah ngalamin deh hahaha, dulu aku juga di rumah oma, ada kaleng khong guan, pas lagi laper² nya, eh pas di buka isinya: Recehan ._.

Reply

*Bacanya gk habis senyum² sendiri*

Kayaknya semua orang pernah ngalamin deh hahaha, dulu aku juga di rumah oma, ada kaleng khong guan, pas lagi laper² nya, eh pas di buka isinya: Recehan ._.

Reply

Hahaha, kok sama ya kayak yg aku alami, tapi itu dulu pas aku masih anak-anak (masih polos).

Tapi kalo sekarang kan udah gede jadi idah hafal sama jebakan kaleng misterius ini, hmmmb tapi kadang pas mau buka jadi dilema, kira-kira isinya rengginang apa biskuit beneran ya??

Masih menjadi sebuah misteri yg belum terpecahkan bagaimana cara membedakan kaleng khong guan asli sama kaleng KW, alias yg isinya beraneka macam makanan ringan.

Gimana kamu masih ketipu aja gak??

Reply

tukang bubur ayam d tempat gue kagak pake kaleng khong ghuan..
dia pake toperware (bener kagak sih tulisannya ) berarti tukang ayam gue kagak di sponsori ama khong ghuan ahahah

ngomongin khong ghuan yang gue inget cuman satu wafer yang diplastikin yang setiap tingkatnya cuman ada satu...
di rumah ada khong ghuan pasti dah rebutan tu wafer hihi

Reply

wkwk, fenomana ini sering terjadi pas Hari Raya Idul Fitri, seringkali jajan atau makanan yang dihidangkan wadahnya kaleng kong ghuan ini. Setelah dibuka, isinya sungguh mengharukan karena tak seperti yang diharapkan haha

Reply

kaleng sejuta umat ya bener hehe, di kostku juga ada kaleng khong guan, tapi isinnya perkakas kaya obeng, sekrup, tang dan lainnya, emng bener sejuta umat sih, masalahnya wadahnya kuat gede lagi, orang kan suka yang gede dan kuat hehe

Reply

Hati itu ibarat kaleng khong guan, karena kita gak akan tau apa isinya ---> suka sama kutipan yg satu ini wkwkwk

Kalo di daerah tempat tinggal gua, gua liat yg banyak dipake tuh bukan kaleng Khong Guan tapi kalengnya susu Klim, tau ga? Mungkin beda daerah, beda kesukaan kali ya...

Reply

Hahaha masak iya ditawari ngemil malah mikir disuruh ngrokok mild sih, aku belum pernah mengalaminya.

Yg jadi penasaran kenapa harus kaleng khong guan ya? Kan masih ada kaleng kaleng yg lain, seperti kaleng yg bulet itu punya sie wafer Tango kan lebih menggoda kalo dilihat dari luar hahaha.

Harus lebih waspada, waspadalah!

Reply

Iya enak sih, walopun php :(

Reply

HUAHAHA... sedih juga :(

Reply

Sekarang sih udah enggak, dah apal juga hahaha..

Reply

Yang bener tukang bubur ayam apa tukang ayam nih??

Hahaha.. itu gue juga sering ngalamin.

Reply

Lha ini lebih parah :))

Reply

Hmm.. mungkin begitu bang :)

Reply

Hahaha iya betul sekali.

Reply

Jadi inget kebiasaan ibukku lebaran harus beli khong guan, entah apa krusialnya. Seolah olah gak lebaran kalo engga ada itu biskuit. Biasanya kaleng sisanya aku manfaatin untuk hal lebih berharga. Buat nyimpen bubuk kopi da lada. FYI daerah gua penghasil kopi, biasanya sekali ngesangrai biji kopi bisa sampe 10 kg. Itu untuk konsumsi pribadi dan oleh2 kalo ada sodsra dari jawa dateng. Nah dengan cerdasnya gue manfaatin kaleng2 itu untuk wadah hehe. Jadi kalo nemu kaleng khong guan di rumah gue isinya ya gak jauh2 dari biji lada atau kopi bubuk. Antiklimaks!

Reply

kenapa kaleng khong guan soalnya mungkin ukuran kalengnya gede dan udah sehati sama gerobak penjualnya :))

dibandingin kaleng khong guan isi rengginang, lo udah rasain nyeseknya buka kulkas ada botol coca cola taunya isinya cuka empek-empek belum? :((

Reply

Quotes nya bagus tuh... Hati ga ketebak bagai isi kaleng khong guan... Hahaha. Bisa aja kpikiran kalimat itu.

Iya nih dmn2 jg sama, mamak ku di kampung isi kaleng pake rempeyek. Untung enak jdi ku tak kecewa.

Tapi lumayanlah selama ada isinya, sebab ada jg kaleng khong guan yg nasibnya dipaksa jdi pot bunga atau cabe cabean. Hehe

Reply

biasanya khong guan ini dijadikan kaleng kerupuk sama abang2 bubur kalo di tempat gue.
untungnya keluarga gw menganut paham yang bener, jadi kalau ada kaleng bekas kue2 gitu, kita gak pake buat makanan lagi, melainkan dipake buat celengan dan ditaronya DI KAMAR, otomatis ga tersentuh tamu yang 'memiliki harapan tinggi terhadap kaleng kue' lol. atau kalo udah numpuk2 banget, dijual ke tukang ae

http://www.fujichan.net/

Reply

Hahaha, welcome to the world !


Keponakan gw pernah nangis pas buka kaleng biskuit Monde, eh isinya keripik singkong, hahaha

Reply

Inilah konspirasi Kaleng Khong Guan. Pokoknya kalau ada yang nawarin makanan pakai kaleng khong guan, jangan seneng dulu, jangan harap bisa makan biskuit. Yang ada kripik sama rengginang pasti dalamnya. Saranku sih kalau bertamu mending cari yang tutupnya transparan, jadi keliatan apa isinya. Jangan sampai kita seperti membeli burung di dalam karung, udah girang-girang eh ternyata burungnya burung-burungan. Apaan coba -_-

Reply

Strategi promosi khong guan ini hebat loh, tanpa perlu pasang iklan banyak. Dia bisa selalu muncul dimana mna, terutama di pedagang kaki lima itu dan di rumah2 tetangga :D

gara2 banyaknya kaleng itu, saya jadi males buat buka kalengnya, karena takut kecewa :(

quote di akhir itu bijaksana sekali yog, wkwk

Reply

Ngoahahahah
Ketoprak memang enak, tapi sensasi mulut sehabis makan ketoprak itu... Hoaaaahhhh
Bau bawangnya bikin bulu ketk rontok.

Diphpin kaleng khong Guan itumah udah bukan rahasia umum lagi.

Udah pernah diphpin tempat eskrim didalem kulkas belom? Yqng ternyata isinya cabe.
Atau pernah diphpin sama botol sprite? Yang taunya isinya air minum biasa.

Reply

Ahahah beginilah orang indonesia... lebih suka tempatnya daripada isinya...

Gak jauh beda sih sama si dia...lebih suka rumah gue ketimbang guenya...*ups

Reply

wha unik sekali di sana, Antiklimaks!

Reply

anjis, php banget itu mah :))

Reply

hmm... (((cabe-cabean)))

Reply

hahaha kau termasuk orang yang terselamatkan :D

Reply

bahaha... saran yang bagus.

Reply

yup.. benar itu bang hahaha...

tengkyu bang :D

Reply

hahaha.. belom sih, keknya itu juga php sekali :)

Reply

Sepertinya, terdapat unsur curhat disini.

Reply

Padahal masih banyak kong kong yang lainnya. Ada kong a fuk, ada kong a'an ada kong joni. Tapi mengapa hanya kong guan yang dipilih :(

Reply

ih bener banget, itu kaleng Khong Guan kyanya bisa jadi bahan penipuan isi makanan hehe

Reply

Sepertinya kerupuk punya pak ketroperak enakkk, beli satu dapat satu wah

Reply

Posting Komentar

Terima kasih karna sudah meluangkan waktu untuk baca postingan gue, setelah baca, jangan lupa berkomentar, karna komentar kalian, gue jadi selalu semangat bikin postingan terus menerus.