Ketika mantan yang disalahkan


Pasti pernah denger istilah 'salah bantal' kan, sempet bingung ni istilah dari mana ya, coba lo bayangin, kenapa bantal sebagai pelampiasan penyakit yang kita rasain, padahal tidur juga gak cuman bantal yang dipake, banyak.

Hmm... mungkin bukan itu yang dimaksud, tapi, apa mungkin salah bantal ini adalah suatu istilah yang mengintimidasikan bantal sebagai objek benda mati yang gak tau apa-apa.

Bantal, gue tau lo merasa sakit hati dengan kelakuan para manusia yang sembarang membuat istilah, tanpa memikirkan perasaan lo. Gue tau, lo udah berusaha keras, untuk membuat nyaman para manusia saat mereka tidur, tapi manusia gak begitu peduli, saat mereka sakit leher, lo yang disalahin. 
bantal, gue kagum dengan kesabaran lo, gue tau kalo lo bisa ngomong, pasti lo bakal protes kan.

nah kali ini, gue akan mewakili perasaan lo bantal.

***

Pertama kali gue denger istilah aneh ini, itu terjadi saat gue masih duduk dibangku SMP, itu pun duduk doang.

Saat itu, gue lagi parah-parahnya begadang, kalo udah begadang, gue bener-bener lupa waktu, termasuk waktu tidur. Begadang paling parah itu, saat gue baru tidur, pas azan subuh, menurut gue itu sih begadang paling parah, untuk kalangan remaja bimbingan orang tua seperti gue ini, dan gue bangun tidur, tepat sebelum waktu zuhur, itupun dibangunin adek gue, dengan diciprati ludah, ya enggak lah, tapi alhasih gue langsung bangun.

Karna keseringan begadang, terkadang leher gue tiba-tiba sakit gitu, gak enak tjoy, penyakit ini juga mengganggu kekhusukan dalam solat gue. saat gue lagi solat, dan lagi fokus-fokusnya, pas diakhir-akhir, tepatnya di tahiyat akhir, saat salam, orang-orang mah pada gampang nengok kanan ato kiri, nah, kalo gue, mo nengok kanan kiri aja mikir-mikir dulu,

'Hmm.. nengok gak ya, mo nengok takut copot pala gue, tapi dari pada gak nengok, solat gue gak sah, nengok ajalah ya' kata gue dalam hati.

alhasil, gue nengok sambil merem melek nahan sakit ini.

Setelah kejadian itu, gue ditanya sama nyokap,

'Gi, napa kepalanya tegang banget, lehernya sakit?'

'Iya nih ma, gak tau, abis bangun tidur, leher langsung sakit gini' jawab gue.

'Oh, salah bantal kali tuh'

Agak kaget denger jawaban nyokap gue, salah bantal???, perasaan, gue masih pake bantal gue sendiri, gak pake bantal orang lain, ato bantal tetangga, kok salah, apa salanya bantal?, kenapa bantal, padahal saat itu gue makenya guling.

'Hah, salah bantal?, enggak kok, yogi pake bantal sendiri, gak mungkin salah' jawab gue agak bingung

'Bukan itu maksudnya, itu cuman istilah, artinya salah posisi tidur'

'Yeh, kirain apaan, oh, gitu' jawab gue

Ternyata itu cuman istilah semata, setelah gue tau itu cuman istilah, gue malah makin penasaran, dan makin bingung, ini siapa yang bikiiin!!!!.

Karna penasaran, gue sempet meneliti lebih dalam, istilah 'salah bantal' itu, setelah gue teliti, gue yakin, yang nemuin istilah ini waktu itu, dia selalu tidur pake bantal, padahal guling diciptakan sebelum bantal, eh, gak tau juga sih, hehehe.. dan saat dia merasa ada yang sakit setelah tidur, itu langsung nyalahin bantal, dan dia menamakannya SALAH BANTAL.

Tapi gak menutup kemungkinan, akan muncul istilah baru, seperti salah guling, salah kasur, salah lelaki, salah kerdus, ato salah lelaki kerdus, padahal gak semua lelaki itu kerdus, bisa aja, lelaki itu pria ato cowok, gak cuman kerdus doang!!! miris ya, ngeliat anak generasi bangsa, bikin lagu tentang menghina bapaknya, bapaknya dikatain kerdus lah.

Yang lebih ektreme lagi, gue khawatir bakal muncul istilah salah mantan, istilah ini bisa muncul, ketika lo baru aja diputusin, terus galau, nangis, nyesel, mojok, terus mencoba bunuh diri dengan minum sianida, tapi lo sadar, bunuh diri itu gak bakal nyelesain masalah, dan lo mencoba tidur untuk melupakan masalah lo sejenak. Tapi, setelah tidur, kok tiba-tiba leher tegang, pegel-pegel, lalu sakit, tidak lain dan tidak bukan, lo terkena penyakit SALAH MANTAN!!!

Begitu banyak istilah yang ada di Indonesia ini, ada yang aneh, ada yang nyambung, ada yang enggak nyambung, tapi begitulah, indonesia punya banyak beragam budaya dan perbedaan yang harus dimaklumi.

***

oke, mungkin segitu dulu postingan yang gue bagikan, mungkin kalo ada istilah yang menurut gue aneh lagi, akan gue bahas tuntas disini, huehehe....



sumber gambar : www.google.com

36 komentar

Bahas tuntas??? Udah kayak berita aja Yog. Gue sih, jarang denger salah bantal. Tapi, pernah denger.

Kalo orang tua gue, biasanya langsung bilang, kalo tidur jangan tengkurep, nanti lehernya sakit.

Ya itu udah gue buktian, sih. Kalo salah tidur gitu, paginya ampunnn..

Syukurnya gue gak pernah sakit lagi. Pernah denger salah tidur gak, yog?

Gue pernah tuh, salah tidur di kamar orang. XD

Reply

Biasanya salah bantal gara2 tidurnya posisi asal gitu. Atau bantalnya emang keras. Atau lo tidur bantalnya berubah jadi batu gunung (apa ini?!)

Reply

Gue pernah beberapa waktu yang lalu , saat gue tidur dengan posisi yang agagk nyeleneh.Karena emang waktu itu gue emang lagi bener bener capek karena sharian ngerjain tugas + sekolah . Akhirnya setelah pulang sekolah ( gue masuk siang dan pulang sore ) gue langsung menuju tempat tidur.

Dan alhasil badan gue , leher , kepala semua sakit . Karena gue merasa waktu gue tidur dengan posisi yang enggak wajar.

Karena emang waktu itu gue lagi capek , jadi ya asal aja ... hem

gak bakal gue ulang deh !

Reply

Pas gue pikir-pikir, kayaknya istilah yang lebih tepat kayakanya "salah posisi" yaa, bukan "salah bantal", kan bantalnya ga ngapa-ngapain, lha wong yang tidur orang, dan pasti tidurnya bergerak secara gak sadar, jadi salah posisi. Dan.... Bangun2 sakit deh

Reply

Salah bantal itu biasanya karena tidurlo nakal, atau bisa jadi kasurlo yg keras.

Btw, kwkwkwkw salah mantan, untung gue jomblo, eh barukali ini gue denger istilah salah bantal, karena yg gue tau cuma "salah tidur"

Reply

Istilah salah bantal itu emang ambigu. Ini yang salah kan kita yak karena tidurnya ngasal dan posisi gak bener yang akhirnya bikin leher sakit, tapi kenapa yang disalahin bantal? Lagipula bantal juga gak bakal bisa tanggung jawab sama kesalahannya kan yaakk... *apasiih*

Tapi aku tau gimana rasanya leher sakit akibat salah bantal itu....
Mau nengok sakit, mau nunduk sakit, tengadah pun sakit juga. Mau tidur pake bantal yang disalahin juga sakit. Serba salah....
Akhirnya tidur pun pasrah telentang gak pake bantal.... :'( *sambil sesekali ngurut leher yang sakit*

Reply

Hai yog, kita bertemu lagi. Ini komentar perdana gue di blog lo. Ngeliat template lo gue jadi kepikiran blog bang edotz hehe

Gue juga pernah tuh salah bantal aseli gak enak banget. Berasa robot, tiap nengok seluruh badan harus ikutan. Seolah kalo nengok lehernya doang nyawa ini dipertaruhkan. Solusinya gampang, kata emak gue leher kita harus digebuk pake bantal yang sebelumnya dijemur bentar. Tapi ngegebuknya harus orang lain dan saat kita enggak sadar. Its work lho
Tapi kalo salah mantan, sorry gue belum nemu solsinya, jomblo soalnya hahaha

Reply

Beneran bang di bangunin tidur pake ludah, hahah. anjay banget. Padahal bantal nggak salah apa-apa, malah di salahin. mungkin kedepannya bakalan ada yang ngelaporin kejadian, gara-gara leher sakit, bantal mendekam di balik jeruji besi.

Jangan bawa-bawa mantan bang, ntar banyak pembaca yang gagal move on. Samaan aja bang kita, Insomnia akut.

Gue bingung kenapa kalo udah masuk adzan subuh rasa kantuk tiba-tiba datang menyerang dengan maha dasyat.

Reply

Waduh fenomena ini mah udah gak aneh, apalagi buat orang yang tidurnya bentaran.

Ehh tapi emang ada lho 'salah bantal' yang bener-bener salah bantal. Saya malah sering. Ini biasanya karena bantal/guling yang dipake itu kegedean, terlalu menjulang. Akibatnya leher yang kena. Saya pernah baca artikel, katanya tidur itu emang lebih sehat kalo gak pake alat penyangga.

Itu apaan lagi ada 'salah mantan'... :)

Reply

hahaha, salah mantan.. mantan juga bisa disalahin bukan karena kita tegang leher doang, tapi tegang yang lain, tegang perasaan misalnya. jangan salah fokus :v

emang banyak istilah-istilah aneh di indonesia ini, tapi apa korelasinya tiba-tiba lo bahas tentang lelaki kerdus hahaha. mungkin kedepannya bakal ada juga salah gueh, salah temen-temen gueh, salah kakek nenek gueh, dan berakhir jadi filem :v

Reply

malah g pernah tau istilah salah bantal, baru tau nih setelah baca postinganmu.
kalau leher sakit, orang-orang ditempatku bilang salah tidur, begituh.
tapi beda tempat beda istilah lah ya, bahkan kadang beda keluarga aja tradisinya juga beda

Reply

Iya dong, harus bahas tuntas pange. Biar asek.

Salah tidur? Belom sih, apalagi ke kamar orang hahaha...

Reply

Hmm.. (((gunung batu)))

Reply

Iya tuh, gue juga pernah, emang nyusain banget ya hehe..

Reply

Nah ini yang gue bingung bang, yang tidur kita yang disalahin bantal.

Reply

Tidur gue nakal? Itu GIMANAAA!!

Yah pegimane sih, gue juga baru denger istilah itu.

Reply

Hahahaha.. keknya nyusahin banget yah, mo ngapa-ngapain jadi gak enak.

Reply

Iya nih, gue baru tau template ini pasaran, tar tahun baru tampilan baru, hehehe..

Hmm.. cara lo bener tuh mb, tapi menurut gue malah ngajakin ribut itu mah, eh, tapi mungkin bisa hihi..

Tenang aja fah, gue juga jomlo kok.

Reply

Haha iya, bantal nasibnya ngenes juga sampe masuk penjara gitu.

Yoi sama *toss*

Iye tuh, subuh malah ngantuk ya.

Reply

Oalah gitu toh gi, gak usah pake penyangga gitu ya, mungkin bisa dicoba.

Huehehe \:)/

Reply

Pfft.. tegang yang laen, tenang bang, gue fokus kok.

Berahir jadi film? Hmm.. mungkin bisa hahaha...

Reply

Oh ternyata beda ya mb, kirain gue istilah ini sudah mendarah daging pada rakyat indonesia, halah.

Iya bener, beragam budaya yang berbeda.

Reply

Iya maksudnya tidurlo gerasak- gerusuk

Reply

ngkakak gue setiap ada orang yang ngomong lelaki kardus hahahaha

gue kira salah bantal ini merujuk pada salah si manusianya yang menggunakan bantal sebagai objek tidurnya.. apasih.
intinya itu salah lo sendiri kenapa tidurnya kelamaan -_-

di daerah gue udah ada istilah 'salah jambu mete' --' nggak tahu apaan maksudnya

Reply

kenapa salah bantal?
awalnya aku bingung mau komentar apaan, tapi kalau dipikir-pikir, kebiasaan masyarakat kita itu hobinya menyalahkan. Salah itulah, salah inilah. Padahal semua kesalahan terjadi disebabkan oleh dirinya sendiri.

Jadi seringkali kita memang lebih mudah menyalahkan oranglain, tanpa mau koreksi diri sendiri dulu. Dari kecil aja udah ada didikan ketika anak kecil jatuh, agar tidak menangis, maka orangtua pasti menyalahkan lantai. Padhal lantai tetap tidak bergerak kan? Tetapi karena kesusahan menjelaskan dan mencari alasan yang susah, lebih gampang menyalahkan lantai. Byuh.

Dan ternyata hal itu tidak hanya terjadi sekali dua kali, sehingga ketika ada musibah, kadangkala bukan mencari penyebab sesungguhnya malah menebak-nebak alam gaib, jin, dan lainlain.

Reply

Lo lagi solat apa diskusi sih? Haha
Solat aja pake mikir keras gitu, sambil merem melek lagi. Ahaha

Oke, jadi tulisan ini dibuat karna salah lo. Eh bukan, salah mantan lo. BOOM!

Reply

Itu dulu bang, aku khilaf.

Reply

Iya, padahal itu gara-gara posisi tidur.

Hahaha.. emang begitu sih sifat asli manusia, manusiawi banget nyalahin sesuatu tapi itu sebenernya kesalahan kita sendiri.

Reply

Nah makanya itu nyol, gue jadi gak khusyuk, ampe merem melek gitu kan.

Enggak nyalahin mantan juga sih, hahaha...

Reply

luar baisa ya salah bantal aja bisa buat posingan lo. emang ide dan inspirasi mah bisa datang dari mana aja. Hehehehe...Tapi gue juga pernah sih SALAH MEMPOSISIKAN BANTAL. yang ada gue bahasa kerennya tengengen dan nggak bisa noleh kanan kiri. Tapi kalo salah mantan sih gue juga pernah, SALAH MACARIN ORANG nama kerennya hahahaha

Reply

Kalau di tempatku namanya salah tidur hahahaa
apaan ya coba, masa ada istilah begitu.
Tapi emang bener sih aku juga sering ngalaminnya, tiba-tiba leher sakit dan susah buat nengok ahhahaha
Jadi harusnya gak usah salahin bantal yak, salahin cara tidur kita sendirii hehe

Reply

Itulah saya hahaha...

Oh, maksudnya salah memposisikan bantal ini, maksudnya ituyang tadinya bantal di kepala, tapi kali ini pindah ke kaki mungkin.

Reply

Tuh bener kan, harusnya itu posisi kepala kita sendiri yang salah, eh , bantal jadi korban.

Reply

Gua pernah ngalamin tuh, gara-gara tidur tengkurap jadinya leher salah posisi, seharian ga bisa dilurusin hiks...akhirnya harus pergi ke tempat pijat refleksi dan dibenerin pake ilmu tenaga dalam. Sumpah, gua beneran takut kepala gua dipelintir sama terbalik kayak di pelem-pelem kungfu waktu itu wkwkwk

Reply

hahaha.... pasti pegel tuh bang, harus rajin olahraga aja itu mah.

Reply

Posting Komentar

Terima kasih karna sudah meluangkan waktu untuk baca postingan gue, setelah baca, jangan lupa berkomentar, karna komentar kalian, gue jadi selalu semangat bikin postingan terus menerus.