Dunia Baru

Dunia baru ~ pelajarngenes.blogspot.com

huh...

setelah lama gue absen ngeblog, akhirnya gue memutuskan update lagi. Memang gak lama sih gue absen, karna gak betah aja gitu, cerita yang udah ada lama di otak gue, terus dipendem lama-lama, tar basi, kan gak enak. Mending gue bagi-bagi ke kalian semua,

walopun ini gak penting gaes.

Hari ini gue lagi libur, makanya gue punya sedikit waktu untuk sekedar mengetik ria di depan leptop tertjintah. Payah memang, gue sama sekali gak ngedraft, ini full nulis dadakan euy, jadi apa yang sekarang gue pikirin, gue share di sini.

Emang sih gue kelihatannya sok sibuk ya, padahal UN aja masih lama. Tapi bukan karna itu gue sok sibuk. Karena sekarang ini gue merasakan dunia baru, dunia yang bikin gue penasaran setengah mati. Yup. Betul sekali. Itu dunia akhirat. AKHIRAT GUNDULMU!! 

" DUNIA KERJA "

Maksud gue itu dunia kerja. Katanya sih dunia kerja itu keras, banyak persaingan, banyak ke-tidak-adilan. Hmm... tadinya, gue hampir gak percaya itu.

Tapi setelah gue PKL, ternyata bener. Gue merasakan hal itu, dunia kerja itu memang keras, yang lemah yang tersingkir. Tapi, kalo kita sendiri enjoy mengerjakan pekerjaan itu, gue yakin dunia kerja gak seburuk itu. 

Yang belum tau apa itu PKL. PKL itu Praktik Kerja Lapangan, sama kayak magang, cuma beda kata aja. Oke yang ini sok tau sih.

Nah, sekarang ini gue PKL di sebuah bengkel resmi dari astra otoparts, bisa tebak sendiri lah ya, uhuy. tapi keknya gak elit banget ya, PKL gue di bengkel, ahahaha... ya namanya jurusan otomotif, begini lah keadaannya.

Kalo kata orang astra sih, gue boleh-boleh aja PKL di pabrik astranya, tapi nyambung gak sama jurusan. Ini masalah professionalisme dalam bekerja, ya gue kan otomotif, bukannya manufaktur, jadi ya gak nyambung aja gitu kalo gue PKL di pabrik. Dan saat beliau ngomong gitu, gue cuma bisa manggut-manggut aja, toh juga mereka yang ngatur tempat PKL gue. Duh jadi enak gue. 

Ehe..

Di sekolah gue, setiap tahap itu ada 80 peserta PKL, nah, kebetulan gue ini masuk di tahap terakhir, yaitu tahap tiga. Cukup tertinggal dengan kawan yang lain sih, tapi biarlah, yang penting ilmunya.

Awal pertama gue masuk PKL itu, gue bener-bener seneng banget. Ya karna cuma anak tahap tiga yang menunggunya terlalu lama.

Tapi anehnya pas udah sampe tempat PKL, gue masih bingung mau ngapain, ngerasa awkward terus bawaannya. Padahal waktu di rumah, gue udah punya planning ato rencana matang biar gak malu-maluin banget di sana. 

Jujur, gue ini kan introvert ya, gue paling susah buat kenalan duluan, serius. Susah. Tapi rencana itu melawan kepribadian gue sendiri. Rencana gue itu, mencoba menjadi ekstrovert.

Tapi itu sulit, bener-bener sulit. Jadi orang menyenangkan itu gak mudah, apalagi harus keluar dari zona nyamannya gue dan melawan kepribadian gue sebenarnya, ya walopun gue ini agak humoris, tapi ya gitu, introvert tetaplah introvet. Zona nyaman gue di situ. Gak bisa di obrak-abrik seenaknya aja.

Di awal cukup tersiksa batin gue yang kepengen banget memulai obrolan duluan, atau hanya sekedar menanyakan sesuatu, tapi guenya gitu. Berat rasanya, padahal bagi sebagian orang, itu hal yang mudah dan gak perlu dipermasalahkan, ya kan. Tapi buat gue, itu sulit. Sampe-sampe, senior gue di sana bilang,

"Inget ya, di sini itu gak ada diem-dieman, kalo ada sesuatu tanya sama kita. Jangan diem. Kalo kalian diem, kita di sini, bakalan diemin kalian juga."


Denger itu aja, udah bikin gue tersiksa. Udah sampe rumah pun, gue masih kepikiran omongan senior gue itu, bahaya emang, kalo gue tetep mempertahankan sifat gue yang kayak begitu. Ya karna itulah, gue bertekad, mengubah sedikit sifat gue itu, beda tempat, beda sifat.

Tapi gak bisa keseluruhan ngubah sih, hanya sementara waktu, karna tekanan batin aja sih. Karna momen PKL ini pas banget buat nambah pengetahuan gue yang pas-pasan ini. Selalu aja sebelum gue nanya, gue keduluan temen gue, karna gue kelamaan mikir,

"Nanya.. engga..? nanya.. engga..?"

Tapi kalo lagi sepi, ato, senior gue lagi kosong dan gak ada kerjaan, gue coba bertanya. Seperti, nanya nomer sepatunya, eh tapi gak mungkin sih. Maksudnya nanya berapa lama dia kerja di sini, terus kerja yang bagus itu kayak gimana sih, pertanyaan yang ringan aja gitu. Kan gak mungkin gue tanya berapa banyak dosa yang selama ini anda lakukan. Tar malah kabur dia.

keknya dari sekian peserta PKL, yang paling payah itu gue. Sedih memang, tapi ya gimana lagi, gue cuma bisa ngangguk-ngangguk kalo senior gue lagi menjelaskan tentang ini dan itu.

 Okelah mungkin itu dulu update kali ini. Mungkin akhir-akhir ini, gue akan sering bahas tentang kegiatan gue ini. Walaupun gak penting, yang penting ilmunya muehehe...

Salam pelajar.


Image by: pixabay.com

34 komentar

selamat ya buat pekerjaanya.
semoga langgeng.

btw dulu gue juga pernah PKL tapi di kantoran.
jadi ga bisa ngebayangin gimana rasanya berkecimpung dengan alat-alat bengkel kayak ngana.

Kayaknyasih lumayan melarat ya tapi aku tidak tahu juga ..

Reply

Lha, lo cowok ya? Gue kirain cewe tadinya. Maap ya, HAHAHA. Nulis tanpa didraft emang hasilny lebih natural sih, gue pernah nyoba beberapa kali dan beda banget hasilnya. Btw, dunia kerja emang keras men, harus siap cut off kapan aja. Kecuali lo PNS sih. :D

Reply

Wih udah PKL aja nih, tetap semangat ya bro!

Gue kadang gitu juga sih di lingkungan baru. Susah kali buat ngomong duluan ke orang yang baru kita kenal. Tapi di gue gak lama -lama juga sihg, palingan 3 hari paling lama, dan siap itu pasti gue udah terbiasa dengan ritme dan ngobrol-ngobrol sama temen baru udah mulai kebiasa. Ya intinya ini masalah waktu aja.

Salam pelajar.

Reply

wah, jadi introvert emang susah. dari luar kita emg keliatan kalem, dingin padahal didalem kita sebenernya nahan boker. gak. maksud gue, kita punya keinginan untuk jadi ekstrovert yang mau ditaro dimana aja dia keliatan gampang beradaptasi dan keliatannya gampang banget buat baur sama orang baru. padahal kenyataanya, mau nanya hal sepele aja harus bergulat dulu sama pikiran.

Reply

Jaman-jaman magang itu adalah masa awal gua mulai rajin nulis blog, hehehe. Dinikmati aja, harus sabar menghadapi kolega, apalagi kolega yg sok senior wkwkwk. Nanti semua pengalaman itu akan berguna di dunia kerja hehehe

Reply

wah, udah pkl, gapapa kok awalnya awkward nanti kalo udah adaptasi malahan betah.

dulu waktu smk aku sempet pkl dipabrik manufaktur juga, kamu mending di jurusan otomotif dapet tempat pkl yang ada bau mesin-mesinnya(buset baunya kek gimana ya?)aku dulu smk akuntasni masuk ke pabrik, ditempatin di bagian workshop tempat pembuatan komponen mesin. gak nyambung blas.
tetep semangat yog!

btw dapet fee nggak? ehe.

Reply

Semangat !!!!
Saya juga dulu gitu.. Jalanin aja.. Nanti lama2 pasti bisa enjoy.. 😀

Reply

Semoga dpt pengalaman bnyak selama magang ya. Paling asyik klo dpt rekomendasi ya, abis pkl ditarik jadi pegawai. Lumayan buat batu loncatan ke karir yg lbih baik nantinya.
Iya, ceritain tuh pengalamannya. Buat refleksi diri n manfaat jg bagi pembaca. Selamat magang n selamat nge blog yaaa

Reply

dunia kerja memang horror ya apalagi kalau kita tanpa persiapan apa2.bisa-bisa kita ngerasa diri paling payah saking ketatnya persaingan. Tapi yang penting mah pengalamannya buat proses pembelajaran aja lah ayk :)

Reply

Wah udah magang aja lo. Lebih baik banyak tanya daripada lo diem2 aja. Diem gak bakal dapet apa2 cuy.

Reply

Widih, semangat ya bang magangnya.

Lu introvert? SAMA BANG, GUE JUGA.

Gue pengen sih nanya-nanya kayak temen-temen gue, tapi ya gitu, karena kelamaan mikir akhirnya ya gak jadi nanya. Keduluan temen yang nanya. Pengen ngobrol juga gitu, kelamaan mikir gimana memulai obrolan malah gak ngobrol-ngobrol jadinya xD

Semoga kita bisa menjadi pribadi lebih baik ke depannya ya bang

Reply

Ooooo jadi lo jarang ngeblog gara gara sudah pkl toh, pasti capek, sampai rumah langsung tidur. Belum lagi banyak tugas.....hadeh.....

Klo bekerja itu enjoy aja ^_^. Btw gue klo buat postingan nggk pernah pakai draf, sekali buat langsung jadi

Reply

dari tulisan ini dapat gue simpulkan bahwa lo adalah anak smk... hehehe
tapi menurut gua sih, anak smk setelah lulus gampang utk mendapatkan pekerjaan asalkan dia rajin dan ilmunya mantep.. soalnya banyak temen2 gua dikampus lulusan smk, pada dapat kerja di proyek sambil kuliah, kan duitnya lumayan juga untuk membantu beban ortu..

Reply

Selamat ya untuk pencapaiannya^^ Gue juga kerja, banyak banget lika liku yang terjadi di dunia kerja. Yang penting lo harus tahan banting, dan jangan pernah sikut sikutan kalo gak mau disikut temen satu pekerjaan. Let it flow aja~

Reply

wah wah wah semangat PKL nya .

Kalo udah masuk dunia kerja , itu bener bener harus maksimal deh . Emang gak gampang , tapi mau gimana lagi ? itu harus di lakukan kan ? .

Semoga dapet pengalaman baru ya , yang bisa di tulis disini.

Reply

Semangat terus, Yogi! Haha.

Kudu aktif PKL mah. Jangan banyak diem, nanti malah jenuh sendiri. Apalagi kalo magang nya lama. Bawa enjoy saja cees..

Reply

Yarabb melarat amat ya ahaha... gak kyak bengkel biasa kok.

Reply

Iya bang gue masih cowok kok, buktinya anak bengkel hehehe...

Nulis tanpa di draft itu menguji ketepatan dan kecepatan otak lo dalam berfikir bang.

Reply

Semangat broh!

Brarti kita sama dong ahahaha...

Reply

Lucu juga mb fuji, gue kira mo ngomng serius, ternyata nahan boker.

Reply

Yoi koh kev, semangat terus!

Reply

Tumben komennya serius ahaha...

Iya sih, emang butuh adaptasi,


Itu mah parah, jurusannya ini, ditempatinnya beda lagi. Tapi gapapa yang penting ilmunya.

Tetep semangat juga!

Dapet dong, ehe.

Reply

iya bener banget, yang penting pengalamannya :)

Reply

Iye bang namanya juga hidup. Kalo mati beda lagi.

Reply

Yoi broh! Rata-rata blogger emang gitu yak.

Yup, thank you broh!

Reply

Pantesan natural sekali kamu nak :))

Reply

Itulah enaknya smk, gapapa bang, jalanin aja...

Reply

Iya nih bener juga ya hehehe... thanks mba :))

Reply

Semangat terus ya raf hehehe...

Oke broh!

Reply

Iye bang, jan banyak diem ya ahaha... yoi cees enjoyin aja :)

Reply

Introvert? Wah samaan nih kita. Emang agak susah bagi orang introvert untuk memulai komunikasi. Pilihannya cuma dua. Kita temenan sama orang extrovert yang lebih bisa memulai. Atau, kita maksa untuk memulai.

Aku sendiri dulu waktu PKL di bank, untungnya dapet pilihan pertama. Pembimbingku orangnya extrovert dan beliau asik banget. Meskipun udah ibu-ibu, tapi kalo jiwanya extrovert mah asik-asik aja ya :D

Reply

Sabar bro. lo masih SMA. nikmatin aja dulu masa SMA. Gak usah mikirin dunia kerja. haha *Dunia kerja emang keras, tapi nikmatin aja.

Ya, kluar dari zona nyaman emang gitu. Yah,, untuk maju harus keluar zona nyaman menuju zona nyaman lainnya. :))0

Reply

Posting Komentar

Terima kasih karna sudah meluangkan waktu untuk baca postingan gue, setelah baca, jangan lupa berkomentar, karna komentar kalian, gue jadi selalu semangat bikin postingan terus menerus.